Thursday, November 27, 2008

i-Motion

Untuk hitungan tim yang semua anggotanya freshmen, yang ga ada persiapan samasekali, yang nilainya dikurangin karena ga bikin paper, pokoknya yang cuma ikutan dengan modal nekat, lolos sampe perdelapan final ya lumayan lah yaa ;D

Ini sekelabat gambaran i-Motion itu ngapain aja:

Mosi#12: Perlukah suatu brand mengganti logo atau brand identity-nya supaya sesuai dengan selera suatu bangsa atau negara?

Sebuah brand identity sesungguhnya adalah tentang bagaimana kita ingin agar konsumen memandang/menangkap produk/brand kita. Perusahaan berusaha memperkecil jarak antara identitas brand dengan brand image (dimana brand image adl sudah melulu tentang bagaimana persepsi konsumen thd produk/brand kita). Proses ini dinilai berhasil apabila perusahaan telah mencapai keadaan dimana brand identity sudah berada pada tempat yang sama dengan brand image.

Affirmative:
Menurut pendapat kami, jika tujuan sebuah perusahaan adl untuk menyelaraskan antara brand identity dengan brand image, maka salah satu cara yang sangat efektif adalah dengan menjadi fleksibel. Artinya disini, kami setuju dengan mosi bahwa suatu brand perlu mengganti logo/brand identity nya agar sesuai dengan custom region dimana mereka dipasarkan. Konsumen suatu negara akan lebih menghargai sebuah brand yang bersedia membuat usaha pendekatan dengan keseharian dan kebudayaan mereka, jauh dibandingkan dengan brand yang masuk secara mentah begitu saja tanpa diolah untuk menyesuaikan “rasa” mereka dengan selera lokal. Contoh: Coca-cola.

Konsumen merasa lebih dihargai, mengingat mengubah logo sebuah brand menunjukkan bahwa segala hal tidak melulu tentang brand tsb, tetapi ada yang lebih penting yaitu menempatkan kepentingan konsumen diatas segalanya. Hal ini dpt menciptakan keterikatan psikologis yg lebih kuat antara brand dgn konsumen

Adanya pengertian yg lebih baik apabila sebuah logo disampaikan dengan bahasa ibu masing2 negara, misalnya.


Negative:
Mengubah logo mengurangi nilai eksklusivitas brand itu sendiri. Contoh: apakah ada customized McD logo untuk setiap negara yang berbeda? Tidak. Terbukti bahwa McD menjelma sbg brand yang sangat kuat dan disadari secara global (recognized globally)

Biaya untuk mengkostumisasi logo per negara lebih mahal. Menciptakan banyak template desain logo untuk bnyk negara tentunya tidak seekonomis menggunakan template pakem yg sama worldwide kan?

Mengubah logo atau nama suatu brand dapat mengaburkan identitas brand itu sendiri. Percaya bahwa logo dan nama brand diciptakan dengan proses yang tidak sembarangan dan dengan pertimbangan khusus, mengubah itu semua dapat mengurangi value atau esensi dari logo asli. Contoh: Nama saya Dian, dan akan tetap menjadi Dian dimanapun saya sedang berada. Di Indonesia saya dipanggil Dian, dan saya tidak akan menoleh jika di Amerika saya dipanggil Dianne (Daiyen), walaupun Dianne adl nama kostumasi saya untuk negara tsb. Atau coba Djie Sam Soe yg artinya, dua, tiga empat. Apakah kalau dipasarkan di Amerika akan serta merta berubah mjd , two, three, four? Tidak juga kan..

(kredit untuk Riska dan Fri)

Yuhuu. Senangnya semua ini berakhir sudah!

No comments: